Sabtu, 29 Oktober 2011

Larangan Durhaka Kepada Orang Tua

Berlanjut dari blog Uswah Islam mengenai anak yang durhaka kepada orang tua, merenungi hadits di bawah ini semoga akan menjadikan kita sebagai anak akan semakin berbakti dan berbakti kepada kedua orang tuanya masing-masing.

Dari Abdullah bin Umar ra, Rasulullah SAW bersabda,
"Ada tiga golongan yang tidak akan masuk surga dan Allah tidak akan melihat mereka pada hari kiamat yakni anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, perempuan yang menyerupai laki-laki dan kepala rumah tangga yang membiarkan ada kejelekan dalam rumah tangganya."
(HR. Hakim, Baihaqi dan Ahmad).

Dari hadits tersebut tertulis bahwa Allah SWT tidak akan melihat anak durhaka pada hari kiamat nanti. Bukan main ancaman yang diberikan Allah SWT, semata karena orang tua sangatlah besar jasanya kepada seorang anak.
Kalau Allah SWT saja sudah tidak mau melihat, bagaimana mungkin kita akan ditunjuk oleh Allah SWT untuk masuk ke dalam surganya, atau mungkin malah anak buahnya (Malaikat) yang langsung saja melempar anak durhaka ke dalam neraka-Nya.

Semoga kita dijauhkan dari sifat durhaka kepada kedua orang tua ini.
Jadi, dalam Agama Islam, durhaka kepada orang tua sangatlah dilarang.

Label

cerita hikmah (28) Doa (39) hadits (205) haji (7) Islam (222) Makhluk halus (4) Malaikat (1) mukjizat (3) Nabi (2) Puasa (29) qur'an (172) Rasulullah (8) sahabat nabi (11) Shalat (35) Tafsir Mimpi (20) teladan (19) Zakat (1)

Entri Populer