Jumat, 02 Oktober 2015

4 Kiat Hadapai Musibah Dalam Islam

Musibah yang tengah menimpa kita bisa jadi itu hanyalah cobaan belaka, namun bisa jadi teguran maupun hukuman kepada kita agar dosa-dosa kita bisa hilang dengan datangnya musibah tersebut.

Yakinlah bahwa semua musibah itu adalah merupakan ujian dari Allah SWT.

4 Kiat Hadapai Musibah Dalam Islam


Pertama.

Oleh karena itu, langkah pertama adalah hadapilah ujian tersebut dengan penuh kesabaran. Selain itu janganlah merasa gengsi untuk melihat orang yang nasibnya lebih buruk dari yang kita alami.

Dengan cara itu, kita akan lebih mudah bersyukur atas apa yang terjadi.

Kedua.

Langkah kedua adalah sebagai bukti sikap sabar dan syukur kita tersebut, tetaplah berusaha semampunya untuk melanjutkan langkah ke depan, jangan berputus asa.
Insya Allah jika kita berusaha dengan serius, Allah SWT akan memberikan solusi. palagi niat kita adalah untyk mencari ilmu, mencari kebaikan. Tentu Allah SWT akan memberikan kemudahan.




Ketiga.

Yang ketiga adalah perbanyaklah mengingat Allah SWT. Memang tak mudah di jaman sekarang ini, tapi kalau ada niat pasti ada hasilnya. Mudah-mudahan Allah SWT menganugerahkan ketentraman hati.

Allah SWT berfirman dalam surat Ar-Ra'du ayat ke 28:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ٢٨

Artinya:

28. (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.




Keempat.

Yang keempat adalah perbanyaklah ibadah dan berdoa kepada Allah SWT.

Doa 1 (QS.Ali Imran 8):

رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ ٨

Artinya:
8. (mereka berdoa): "Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau jadikan hati Kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada Kami, dan karuniakanlah kepada Kami rahmat dari sisi Engkau; karena Sesungguhnya Engkau-lah Maha pemberi (karunia)".

Doa 2 (Al Baqarah 250):

وَلَمَّا بَرَزُوا لِجَالُوتَ وَجُنُودِهِ قَالُوا رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ ٢٥٠

Artinya:

250. tatkala Jalut dan tentaranya telah nampak oleh mereka, merekapun (Thalut dan tentaranya) berdoa: "Ya Tuhan Kami, tuangkanlah kesabaran atas diri Kami, dan kokohkanlah pendirian Kami dan tolonglah Kami terhadap orang-orang kafir."

Mudah-mudahan kita ditolong oleh Allah SWT.