Minggu, 05 Juni 2016

Cara Mengikis Hasad atau Iri Dengki

Hadah adalah sifat iri dan dengki. Dia adalah kebencian melihat nikmat yang ada pada orang lain dan ingin sekali kenikmatan tersebut lenyap kemudian berpindah kepadanya.

Tahukah kalian bahwa sifat ini termasuk salah satu kelompok dosa besar. Misalnya saja tetanggamu ada yang bisa membeli mobil karena mereka telah diberikan kenikmatan lebih. Lalu timbul rasa iri pada diri kita, hal tersebut wajar saja, namun tidak diperbolehkan dalam Islam.




Nauzubillah...
Segeralah istighfar ketika kita suda terpercik api kedengkian ini. Bagaimana tidak, terkadang kita tanpa sadar akan tersiksa melihat orang lain mendapat kesenangan, tersiksa melihat kawan karibnya sukse, dan timbul rasa jengkel, menangis dan kesal sekali begitu kompetitor kita unggul.

Orang yang hasut senantiasa senang dengan penderitaan dan kegagalan orang lain.




Tak heran rasanya kalau Baginda Rasulullah SAW berpesan,
"Jauhilah kalian akan hasad, karena sesungguhnya hasad itu bisa memakan kebaikan. Sebagaimana api melahap kayu bakar."
(HR. Abu Dawud).

Marilah kita luluhkan iri hati dengan senantiasa bersikap rendah hati. Dalam arti tidak merasa lebih darin orang lain. Meskipun menyadari dirinya memiliki banyak kelebihan dibanding orang lain, orang yang rendah hati berusaha tidak akan merasa bangga apalagi membangga-banggakan kelebihannya.