Jumat, 27 Juni 2014

Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1435H Tertutup Buat Media

Kementerian Agama malam ini akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan 1435 H.

Tapi tak seperti sidang-sidang sebelumnya, sidang isbat penentuan awal Ramadan melalui metode rukyat itu akan digelar secara tertutup.

Sidang isbat nanti malam akan dipimpin langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Hanya saja, sidang isbat itu tertutup bagi media.


"Gak boleh masuk, kiita hanya bisa menunggu hasilnya di luar sini saja," kata salah seorang kameraman TV swasta yang sudah menata peralatan kameranya di luar Auditorium KH M Rasjidi, tempat berjalannya sidang isbat.

Sidang sendiri sampai pukul 16.45 belum dimulai. Menag Lukman Hakim juga baru saja tiba di kantornya dan menuju ruang live streaming yang akan menyajikan secara langsung pelaksanaan rukyatul hilal menggunakan teknologi astrofotografi di enam kota, yakni Surabaya, Malang, Solo, Semarang, Cilacap dan Banda Aceh.

Pada kesempatan ini, H Cecep, anggota tim hisab Planetariium Jakarta dalam pengantarnya sempat menyampaikan bahwa menjelang awal Ramadan sore tadi, posisi hilal masih 0 derajat. Nah, petang ini tim kembali akan melihat hilal untuk memutuskan apakah awal Ramadhan jatuh pada Sabtu besok atau lusa.

sumber:
jpnn.com